by

Wawali Tinjau Proses Operasi Urologi Gratis di RSUD Haulussy Ambon

-Kesehatan-45 views

AMBON,N25NEWS.COM – Wakil walikota Ambon, Syarif Hadler meninjau langsung proses Operasi Urologi Gratis yang berlangsung di RSUD Dr.M.Haulussy Ambon hal tersebut merupakan kerja sama dari Pemerintah Kota Ambon bersama Pemerintah Vlissingen Belanda

Kurang lebih sebanyak 234 pasien terdaftar mengikuti pemeriksaan dan operasi urologi di tersebut. Operasi urologi yang dilakukan secara gratis bagi warga Pulau Ambon ditangani 2 dokter urologi, 1 dokter anastesi, 2 dokter pendamping dari Makassar, dan 1 dokter pendamping dari Kota Ambon.

Tercatat dari 234 pasien, 32 pasien lainnya berasal dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), 202 pasien berasal dari kota Ambon. Jenis operasi yang akan dilayani adalah operasi beda saluran kemih, operasi prostat, batu ginjal, batu saluran kemih (kencing), varokokel (varises pada buah pelir), hidrokel (cairan pada kantung buah pelir), hipospadia (kelainan saluran kencing), dan kriptokismus (kantong buah pelir kosong) pada anak-anak.

 “Jadi 234 pasien itu tidak langsung dilakukan operasi, tetapi dilakukan screening, periksa laboratorium, setelah itu baru di lakukan operasi,’’ ungkap Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler saat diwawancarai usai meninjau operasi urologi di RSUD Dr.M.Haulussy Ambon, Selasa (4/2/2020).

Menurutnya, setelah ini tindaklanjut dari operasi urologi yang pasti ada dokter pendamping yang telah di percaya untuk mengevaluasi pasien yang telah di operasi.

“Jadi mereka maksimal selama 2 minggu sampai tanggal 13, dan tanggal 14 nanti mereka kembali,’’ jelasnya.

Ia mengakui, Bakti Sosial (Baksos) yang sudah berjalan sejak lama, dan atas kerjasama antara Pemerintah Kota Ambon dan, Vlisingen, Belanda. (dd)

Comment

Direkomendasi