by

Usung Tema Musik, Ambon Berharap Dapat Pengakuan Dari Unesco

AMBON,N25NEWS.com – Mengusung tema “Ambon Pono Deng Musik” dalam Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 444 Kota Ambon. Pemerintah Kota Ambon berharap akan mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Kota Musik Dunia.

Walikota Ambon, pada saat Perayaan HUT ke 444 Kota Ambon menyampaikan, HUT Kota Ambon kali ini mengusung tema musik, yang diisi dengan berbagai kegiatan seolah ingin menyatakan kepada UNESCO bahwa Ambon sudah sangat siap sebagai Kota Musik Dunia pada bulan November 2019 dalam sidang plenonya.

“HUT Kota Ambon acara dengan tema musik, sebagai tanda kesiapan kota dan masyarakat menyambut pengakuan UNESCO sebagai kota musik dunia, oleh karena itu seluruh aktifitas kita dan orientasi ke musik untuk buktikan bahwa musik adalah jati diri dan DNA orang Ambon,” kata Louhenapessy di pelataran Tribun Lapangan Meredaka, Sabtu (7/9/2019).

Ia mengatakan, Ambon penuh deng cinta, itu dimulai dari rumah, misalnya seorang laki-laki yang sayanh pada keluarga, orang tua sayang anak-anak, anak yang sayang pada papa dan mamanya, sayang hormat guru-guru dan saling mengasihi antar sesama umat beragama.

“Ambon pono deng cinta, itu mulai dari rumah misalnya laki-laki bae sayang dia punya keluarga, orang tatua sayang anak-anak, anak-anak sayang papa deng mama, guru-guru ajar anak-anak sayang orang hormat dong pung guru, jang carita laeng guru pukul ana murid, jang orang tua lapor orang tua par polisi, bikin sekolah pono deng cinta,” ungkapnya.

Diakuinya, HUT ke 444 Kota Ambon pada tahun 2019 ini benar-benar penuh dengan musik, musik yang bersifat melankolis, musik juga sebagai simbol cinta dan kasih sayang. “Katong (Kami) sengaja biking bagini supaya jang laeng marah laeang, jang laeng baku stori satu deng yang laeng cuma karena hal mongo-mongo, mari hidup baku sayang,” pinta Louhenapessy.

Selain itu, terkait dengan kesiapan Ambon menuju Kota Musik Dunia, WalikotaTangerang Selatan juga Ketua Umum APEKSI Airin Rachmi Diany menegaskan, seluruh kota-kota di Indonesia mendukung penuh apa yang sementara dilakukan Kota Ambon.

Ia menyampaikan, sebagai kota maju, suatu kota harus punya identitas diri untuk mampu menyatakan eksistensinya dalam persaingan yang sangat kompetitif ini. ‘’Kami sangat mendukung Ambon sebagai Kota Musik Dunia,’’ tegasnya.

Hadir dalam perayaan tersebut, Gubernur Maluku, Wakil Gubernur, Kapolda Maluku, Kepala BNPB RI, Konjen Amerika Serikat, Wadan Densus 88, Forkopimda Maluku, Wakil Walikota Ambon, Sekertaris Kota Ambon, Ketua dan anggota DPRD Kota Ambon, Forkopimda Ambon, beberapa Walikota di Komwil APEKSI VI, Bupati SBB, juga tak ketinggalan Wakil Walikota Palu, Pasha Ungu. (dd)

Comment

Direkomendasi