by

Tingkatkan Minat Baca, Perpus dan Kearsipan Gelar Lomba Bertutur

-Edukasi-532 views

AMBON,N25NEWS.com – Guna meningkatkan minat baca pada anak, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon menggelar Lomba bertutur yang dikhusukan untuk siswa SD/MI di Ambon, dan diiukuti sebanyak 85 peserta.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon, Piet Pattiasina mengatakan lomba bertutur ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan minat baca bagi anak yang ada di Kota Ambon. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah anak yang hanya fokus pada perkembangan zaman yang instan, dan lebih banyak membaca buku sehingga anak lebih kreatif dan masa kanak-kana tak hanya tentang game online yang ada di gadget.

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat baca dari pada anak-anak, yang terutama anak lebih giat membaca,” kata Pattiasina di Maluku City MAll, Selasa (3/9/2019).

Menurutnya, dengan lomba bertutur yang diadakan ini, anak bisa mengeksplorasi bacaan yang dibacanya maupun di dengar dan disampaikan kepada anak lain sehingga memberikan dampak baik bagi anak lainnya dalam tumbuh kembangnya.

Pasalnya, dengan bertutur anak dapat menyampaikan isi cerita yang dapat menjadi pelajaran baginya dan anak yang mendengar tuturannya.

Untuk itu, lomba bertutur yang diadakan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon yang ke-444.

“Kegiatan hari ini kegiatan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-444 Kota Ambon dimana perpustakaan dan kearsipan kota ambon membuat kegiatan bertutur,” tutur dia.

Tak hanya bertutur saja, lomba yang diadakan juga antara lain Resensi, Pidato dan Pemilihan Duta Baca yang lebih difokuskan untuk siswa SMP/MTs.

“Kemudian pidato, lomba duta baca untuk mencari duta baca kemudian juga ada resensi itu semua di buat dalam rangka HUT kota,” tambah dia.

Untuk partisipasi setiap sekolah sangat baik karena terbukti ada banyak anak yang mengikuti lomba yang diadakan tersebut.

“Dan yang ikut kali ini ada untuk bertutur ada 85 peserta, kemudian resensi itu dan pidato 40-50 peserta dan duta baca itu ada sekitar 20 peserta dan sekolah-sekolah sangat berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tutupnya.

Reporter : Mendy S

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi