by

Terapkan TTD Elektronik, Adriaansz : Tunggu Administrasi Dari Disdukcapil

AMBON,N25NEWS.COM – Demi mempermudah pelayanan terhadap masyarakat dalam proses pengurusan berkas dan administrasi, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfo-sandi) Kota Ambon menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon (Disdukcapil) melakukan kerjasama terkait dengan jaringan.

“Untuk penandatanganan eletronik, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah melakukan penandatangan Memorandum of understanding (MoU ) Bersama Badan Siber Negara (BSN) pada akhir tahun 2018 lalu, bersamaan dengan itu, Direktorat Jenderal Dukcapil dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan penandatangan MoU dengan BSN untuk implementasi tandatangan elektronik,” demikian ungkap Kepala Diskominfo sandi, Joy Adriaansz pada awak media di Ambon, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya, saat ini implementasinya sudah dilakukan, hanya satu tahapan yang harus terkait dengan implementasi tandatangan elektronik sendiri, di internal Disdukcapil masih membenahi untuk proses adminstrasi Disdukcapil sendiri. Sementara dari pihak Diskominfo menyiapkan proses untuk administrasi surat menyurat proses, maupun proses pendukung pada Disdukcapil.

Ia menjelaskan, hanya satu tahapan yang harus terkait dengan implementasi tandatangan elektronik sendiri, di internal Disdukcapil masih membenahi untuk proses adminstrasi Disdukcapil sendiri. Sementara dari pihak Diskominfo menyiapkan proses untuk administrasi surat menyurat proses, maupun proses pendukung pada Disdukcapil.

“Tentunya kita akan melakukan koordinasi dengan pendamping Diskominfo di Kementerian maupun Institut Teknologi Bandung (ITB), yang telah ditetapkan kementerian untuk aplikasi mana yang akan diterapkan di Pemkot Ambon, sebenarnya proses awal sudah di siapkan hanya saja, pada saat proses pendampingan, maka kita akan melihat solusi yang terbaik seperti apa,” kata Adriaansz.

Ditambahkannya, beberapa hari lalu pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Disdukcapil untuk jalan dengan proses yang ada, benahi proses internal yang ada sambal menyiapkan sistem informasi untuk penanganan proses kependudukan.

“Untuk tahapan kedepan, dengan penerapan tandatangan elektronik ini, masyarakat dalam kepengurusan dapat dipermudah, dan kepuasan masyarakat, sehingga masyarakat tidak lagi harus menunggu penandatangan dari Kadisdukcapil, dan menganteri, karena proses ini dapat mempermudah dan memperlancar semua kepengurusan masyarakat,” harap Adriaansz. (dd)

Comment

Direkomendasi