by

Mangente Kampung Halaman, Raja Hitu Lama Sambut Baik Kedatangan Ketum M1R

-Ragam-400 views

AMBON,N25NEWS.COM – Salah satu Putra asal Negeri Hitu, Dedi Pelu, yang menyandang status sebagai Ketua Umum (Ketum) Maluku Satu Rasa (M1R), Pulang mangente kampung halaman dan disambuat baik Raja dan masyarakat Negeri Hitu Lama.

Dengan memboyong sejumlah jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Ketum M1R bertolak dari Jakarta menuju kota Ambon dengan menggunakan Garuda Airline dan tiba di Bandara Pattimura sekitar pukul 06.38 WIT.

Kedatangan Ketum M1R serta rombongan ini, disambut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Marsello Lalopua serta ratusan Anggota M1R di Kota Ambon dan ditandai dengan pengalungan syal di halaman Bandara Patimura.

Ketum bersama seluruh rombongan kemudian melakukan konvoi dari Negeri Laha menuju pusat kota Ambon dan kemudian berakhir di Negeri Hitu, kecamatan Leitimur selatan Kabupaten Maluku Tengah.

Sebelum memasuki kawasan Negeri Hitu, di ujung kampung Negeri tempat kelahirannya. Dedi meyempatkan diri ziarah ke makam Kaka kandungnya yang berada di Tempat Pemakaman Umum Negeri. Dirinya kemudian melanjutkan kunjungan ke rumah Raja sambil berjalan kaki.

Kedatangan Ketum M1R pun disambut meriah Raja Negeri Hitu dan masyarakat setempat. Silahturahmi yang berlangsung di rumah Raja pun diisi dengan perbincangan seputar harapan akan hadirnya M1R khusunya di Maluku.

Raja Negeri Hitu, Salhana Pelu, Kamis (19/03) mengatakan. Dengan adanya putra Negeri Hitu menjadi pemimpin M1R tingkat Nasional, maka diharapkan organisasi ini dapat mempererat hubungan kekeluargaan salam sarani lebih.

“Adanya Maluku Satu Rasa (M1R) ini semoga dapat memperkuat dan pererat hubungan keluarga salam sarane. supaya katong bisa menepis isu-isu yang selama ini kadang memprovokasi katong orang basudara yang ada di Maluku,” ucap Raja Hitu dengan dialeg khas Ambon.

Dikatakannya, Ketum sendiri M1R mungkin belum dikenal banyak orang. Tetapi yang diharapkan tentunya bukan dikenal siapa oranngya, melainkan apa perbuatannya bagi Maluku.

Lanjutnya, Maluku satu Rasa sendiri merupakan organisasi yang lebih memprioritaskan tindakan. Contohnya pada bencana Gempa yang terjadi akhir tahun 2019 lalu, dimana M1R yang berada di Kota Ambon langsung melakukan kunjungan ke lokasi pengungsian untuk menyantuni korban-korban gempa. Dan juga memberikan bantuan kepada sekolah di liang dan berbagai upaya atas kepedulian terhadap masyarakat yang ada di Negeri Hitu.

“Beta pernah bilang ketua mau basar apa di Jakarta, seng bisa basar di Tanah orang kalau seng biking basar Negeri sendiri,” ucapnya.

Usai silahturahmi di Rumah Raja, Ketum pun pulang ke rumahnya yang berada di pesisir pantai Negeri Hitu dan berkumpul bersama sanak saudaranya. (dd)

Comment

Direkomendasi