by

Makassar Jadi Kota Pertama Di Wilayah Sulawesi Hadirkan Layanan Telkomsel 5G

-Edukasi-38 views

MAKASSAR,N25NEWS.COM – Telkomsel kembali melanjutkan upaya pengembangan ekosistem 5G secara bertahap dan terukur dengan meluncurkan layanan Telkomsel 5G serentak di lima kota, yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar, membuat layanan Telkomsel 5G total sudah hadir di sembilan kota di Indonesia sejak diresmikan pada 27 Mei 2021.

Kehadiran Telkomsel 5G akan membuka lebih banyak peluang riset pengembangan inovasi pemanfaatan teknologi 5G yang tepat guna sehingga dapat menjadikan masyarakat Indonesia sebagai smart digitalpreneur yang dapat mendorong transformasi Indonesia menuju kedaulatan dan kemandirian digital yang utuh. Kota Makassar menjadi kota pertama di wilayah Sulawesi yang dihadirkan layanan Telkomsel 5G.

“Guna melanjutkan kehadiran di kota Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan, Telkomsel terus mengakselerasi pengembangan ekosistem 5G dengan meluncurkan layanan Telkomsel 5G di lima kota lainnya, yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar,” Demikian kata Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit, Selasa (15/6).

Menurutnya, keberlanjutan perluasan layanan Telkomsel 5G secara bertahap dan terukur ini sekaligus mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dengan menghadirkan solusi gaya hidup digital dengan komitmen menghadirkan the best 5G experience yang akan menunjang kemajuan masyarakat.

Selain itu, lanjut Basuki dengan hadirnya layanan Telkomsel 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang akan semakin mendorong keterbukaan peluang-peluang yang lebih luas lagi untuk segala kemungkinan, termasuk dalam hal pemberdayaan masyarakat dan transformasi sektor industri.

“Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri. Untuk itu, kami secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, dan latensi rendah, serta mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar pemangku kepentingan yang memiliki tujuan kuat yang sama dalam melakukan transformasi digital untuk mendukung aktivitas keseharian.” pungkasnya.

Ia menambahkan, hadirnya jaringan Telkomsel 5G mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut. Salah satunya sektor pariwisata dengan diversifikasi layanan dan jasa melalui optimalisasi teknologi digital terdepan. Atau sektor pendidikan yang dapat mendukung upaya pengembangan riset yang terukur dan tepat untuk memastikan pemberdayaan teknologi 5G yang tepat guna ke masa mendatang. Selain itu, 5G juga dapat mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar Dr. Ismail Hajiali, dalam hal ini yang membacakam sambutan Walikota menyampaikan apresiasi dan sejumlah harapan kepada Telkomsel. Hadirnya 5G secara resmi di Kota Makassar akan menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih maju dan menjanjikan berkat pemanfaatan broadband terkini yang lebih optimal. Kami yakin, hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima di Tanah Air akan membuka lebih banyak potensi kemajuan Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang utuh dan mampu bersaing hingga di tingkat global, terutama dalam kekuatan ekonomi digital.

Selain itu, Telkomsel juga memberikan dukungan berupa Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Pemerintah Kota Makassar melalui program Makassar Recover. “Harapan tertinggi kita saat ini yaitu hidup normal dari dampak pandemi Covid-19 serta aktivitas ekonomi masyarakat Kota Makassar bersemangat kembali. Makassar Recover sebagai sebuah program penanggulangan Covid-19 di Kota Makassar yang inovatif dengan menetapkan tiga tahapan utama yaitu Imunitas Kesehatan, Adaptasi Sosial, dan Pemulihan Ekonomi. Agar penanggulangan Covid-19 lebih tepat sasaran, maka dibutuhkan jaringan data berkecepatan tinggi untuk men-drive aplikasi yang memanfaatkan QR Code sebagai platform data, baik secara personal maupun kluster keluarga, dan kluster lorong. QR Code ini terkoneksi langsung dengan e-KTP”, tambah Ismail.

Pada fase awal peluncuran di lima kota tambahan ini, layanan Telkomsel 5G telah tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Untuk kota Batam, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Batam Center. Sedangkan di kota Makassar, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pettarani Makassar. Kemudian untuk kota Surabaya, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pemuda Surabaya. Di kota Denpasar, jaringan Telkomsel 5G sudah tersedia di GraPARI Renon Bali. Masyarakat juga kini dapat mengunjungi GraPARI tersebut untuk merasakan secara langsung teknologi 5G dari Telkomsel dengan menggunakan layanan digital terkini seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

“Keunggulan teknologi 5G dapat membuka lebih banyak peluang terciptanya solusi dan inovasi digital yang lahir dari para talenta tanah air. Sehingga harapannya, dengan kehadiran Telkomsel 5G di Indonesia, masyarakat tidak hanya menjadi smart digital user atau sekedar menjadi pengguna, melainkan menjadi smart digitalpreneur atau pemain utama dalam ekosistem pemanfaatan teknologi 5G dan berkontribusi lebih terhadap penguatan perekonomian dan ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” tutup Sigit (dd)

Comment

Direkomendasi