by

KPUD Maluku Gelar FGD, Bahas Pilkada Di Masa Pandemi

-Politik-44 views

AMBON,N25NEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah Maluku (KPUD Maluku) menggelar Focus Group Discussian (FGD) dibawah sorotan tema “Penyelenggaraan Pilkada serentak lanjutan dalam masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Manise, Senin (21-9-2020)

Dalam FGD ini menghadirkan empat (4) pembicara yakni, KPUD Maluku Hanafi Renwarin sebagai Divisi Partipasi masyarakat, menjelaskan terkait pendidikan pemilih dan sumber daya manusia. Kasie Promosi Kesehatan Yulia Ningsih Royani yang menjelaskan terkait Protokol kesehatan. Dr. Subaid dari Bawaslu Provinsi Maluku dan Lutfi Wael Korda sebagai Jaringan Pendidikan Pemilihan kepala daerah.

Ketua KPUD Provinsi Maluku, Syamsul Rival Kubangun dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi FGD ini menghadirkan 16 partai politik, OKP atau Mahasiswa dari 4 Kabupaten Kota serta organisasi masyarakat yang menyelenggarakan Pilkada yakni Buru Selatan (Bursel), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Barat Daya (MBD, dan Kepulauan Aru.

Menurutnya, pilkada kali ini berbeda dengan pilkada-pilkada sebelumnya, karena pilkada di Tahun 2020 ini dilakukan dalam kondisi pandemi Covid-19 yang dibatasi protokol kesehatan sesuai dengan peraturan KPU nomor 6 dan Peraturan KPU nomor 10 Tahun 2020.

“Aturan ini mengatur Pilkada di tengah pandemi Covid-19 di dalam kedua PKPU itu baik penyelenggaraan baik KPU dan jajarannya Bawaslu dan jajarannya, calon dan partai pengusung juga masyarakat pemilih, harus mematuhi protokol kesehatan minimal pakai masker cuci tangan dan jaga jarak dalam setiap tahapan proses Pilkada,” kata Syamsul. (dd)

Comment

Direkomendasi