by

Kalesang Pantai Kota Ambon, Walikota Buka Aksi Bersih Laut

-Ragam-28 views

AMBON,N25NEWS.COM – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy secara langsung membuka acara Aksi Bersih Laut, yang dibawah sorotan tema “Kalesang Pantai Kota Ambon” Hal ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 74 Tahun, kegiatan yang digelar oleh Pandu Laut Nusantara dan di inisiasi Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, bertempat di Pantai Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, Minggu (18/8/2019).

Louhenapessy dalam sambutannya mengatakan, dari satu periode ke periode lain masalah-masalah yang dihadapi berbeda, sesuai dengan kontek yang ada, awal-awal kemerdekaan isu persatuan kebangsaan itu menjadi isu yang sangat kuat, isu lingkungan dengan ancaman sampah plastik merupakan ancaman yang sangat amat serius bagi bangsa dan negara ini.

“Fakta membuktikan Indonesia penghasil sampah plastik terbanyak nomor dua di dunia, jangan berharap orang lain melihat daerah dan negara ini, selain kita sebagai anak-anak negeri dan anak bangsa, kalau tidak peduli dengan lingkungan kita, tidak peduli dengan situasi bangsa dan negara kita, jangan kita berharap bisa bersaing dengan bangsa yang lain,’’ katanya.

Menurut Louhenapessy, sampah plastik itu bukan saja bersumber didarat, tapi juga bersumber di laut akibat dari ulah manusia di laut, kondisi sekaranga berbeda, yang menjadi ancaman buat kita ini adalah sampah di laut. Selain itu, pihaknya memberikan apresiasi kepada Ibu Menteri Perikaanan dan Kelautan RI, ibu Susi Pudjianstuti dan seluruh jajarannya yang menginisiasi kegiatan pada hari ini secara serentak di Indonesia.

“Saya tahu persis ini bukan pekerjaan yang mudah, Pemerintah Kota (Pemkot) tidak pernah tinggal. Sehingga pada setiap jumat kita laksanakan kegiatan dalam bentuk Jumat Pagi Bersihkan Lingkungan (Jumpa Berlian). Kelompok-kelompok masyarakat melaksanakan kegiatan Sabtu pagi bersihkan lingkungan (Sapa Berlian), itu juga belum cukup karena semuanya terkait dengan kesadaran masyarakat dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya lingkungan,,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia dan Juga Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ambon, Ashari Syarif menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan secara nasional dan serentak di Indonesia lebih dari 74 wilayah seluruh indonesia, karena 74 persen wilayah merupakan laut, tercatat sebanyak sampah 1,29 juta ton sampah mencemari laut.

“Kegiatan ini merupakan inisiasi dari kementerian Perikanan dan Kelautan yang bekerjasama denganmasyarakt pencinta laut dan sudah dilaksanakan ke dua kalinya, dan diikuti 1.200 peserta, dari ribuan peserta di bagi tiga, di daerah Waiheru, daerah Poka, Rumah tiga, sampah dikumpulkan yang bersifat mencemari lingkungan proses secara alaminya lama yang selalu terdiri dari plastiK, kaleng dan botol serta limba-limba Pempers dan sebagainya,’’ tutupnya.

Reporter : Mendy S

Editor :Redaksi

Comment

Direkomendasi