by

Gowes Nusantara, Diikuti 1200 Peserta

-Olahraga-33 views

AMBON,N25NEWS.COM – Sebanyak 1200 Peserta Gowes Nusantara, dilepas Sekertaris Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Suryati dan Walikota Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Ambon atas kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI ini berlangsung di JL. A. Y. PATTY depan Dinas Damkar Kota Ambon, Sabtu, (24/8/2019).

Walikota saat diwawancarai mengatakan, Gowes Nusantara ini untuk yang ke 3 kali dilkasanakan Kota Ambon. Untuk itu, pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah pusat terkhususnya kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olarahraga. Oleh karena itu tadi juga saya sampaikan salam dari masyarakat Ambon kepada bapak Menteri, beserta seluruh jajaran, karena Gouse Nusantara yang kali ini untuk yang ke 3,” kata Walikota.

Menurutnya, dari jumlah peserta yang mendafar, dilihat dapat memberikan indikasi kuat bahwa program ini semakin merakyat, semakin diterima dan semakin di pahami oleh masyarakyat Kota Ambon.

“Kali ini jumlahnya meningkat luar biasa, 1200 peserta. Kegiatan ini pertama berdimensi hiburan bagi masyarakat, kedua aspek sehat lewat kegiatan olahraga, dan yang ketiga aspek aktratif yang memberikan sosialisasi publikasi ditengah-tengah bangsa yang kadang-kadang tegang, ini penting sekali untuk kita mencairkan suasana-suasana seperti ini,” pungkas Louhenapessy.

Ia menyampaikan, Gowes Nusantara ini juga dapat memberikan dampak ekonomi yang baik juga terhadap masyarakat Kota.

Ditambahkannya, sementara ini Kota Ambon sedang mengambangkan senam rakyat yang pepuler dengan istilah “Goyang Kaka Enda”. “Jadi ini sementara kita kembangkan ini sebetulnya sbeuah senam rakyat yang paling populer di Kota Ambon itu Kaka Enda, kaka enda ini kemarin kurang lebih lebih 3000 orang ikut dalam lomba 311 regu, selain itu juga kegiatan joging hampir 5000 orang kemarin,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Suryati menyampaikan, pihaknya dari Kemenpora mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Ambon khususnya yang telah menyelenggarakan iven ini dengan begitu meriahnya dan ini sudah yang ke-3, dapat dilihat bahwa semakin tahun, semakin bertambah jumlah masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut.

Sehingga, lanjutnya komitmen Pemerintah daerah dalam ini untuk memajukan olahraga, mengsehatkan, membugarkan masyarakat ini semakin bagus.

Ia mengakui, iven ini juga menjadi tonggak kebangkitan di Indonesia bagi Kemenpora dalam menyongsong Hari Olahraga Nasional (Hornas) yang jatuh pada tangga 9 September 2019 mendatang.

Harapannya, tonggak kebangkitan olahraga di Indonesia ini pada saat momen Hornas nanti akan bangkit dan berkembang sehingga dapat terjaling terus rasa persatuan dan kesatuan, menumbuhkan rasa patriotisme, membela negara dalam kanca Internasional tentunya hanya satu yaitu Indonesia, Garuda di dadaku.

“Dengan iven seperti ini, selain juga efek ekonomi berdampak, ekonomi masyarakat dengan penjualan kaos sepatu dsb asesoris bahakn sepeda, ini juga menjadi moment kebangkitan Industri Olehraga Nasional,” tutupnya.

Reporter :Mendy S

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi