by

BPJS Kesehatan Putus Kontrak,Peserta JKN-KIS  Tidak telayani Lagi Di RS.Sumber Hidup

-Kesehatan-77 views

AMBON,N25NEWS.COM – Mulai tertanggal 15 Juni 2019,Peserta JKN-KIS tidak di layani lagi di rumah sakit Sumber Hidup Ambon,hal ini berhubungan dengan berakhirnya status akreditasi RS.Sumber Hidup pada tanggal 14 Juni 2019.

Ini berunjuk pada ketentuan bahwa dalam proses kerjasama   antara rumah sakit dan BPJS Kesehatan di perlukan persyaratan wajib terakreditasi.maka berdasarkan persyaratan wajib tersebut, tertanggal 15 Juni 2019 peserta JKN-KIS tidak bisa lagi terlayani di Rumah Sakit Sumber Hidup.

Hal di sampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon  Afliana Latumakulita yang tertuang pada surat pemberitahuan yang di keluarkan BPJS Kesehatan cabang Ambon.

Hal ini terpaksa di lakukan oleh BPJS Kesehatan sebagaimana yang dalam surat pemberitahuan tersebut,karena tidak terpenuhi syarat kerjasama sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku yaitu belum adanya sertifikat akreditasi RS.

Pemutusan kontrak kerjasama tersebut Menurut Latumakulita,bahwa berdasarkan Undang-undang  nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit,pada pasal 40 ayat (1) di sebutkan dalam upaya meningkatkan mutu rumah sakit,wajib di lakukan akreditasi secara berkalah tiga (3) tahun sekali.

Selain itu juga berdasarkan Peraturan menteri Kesehatan nomor 71 tahun 2013 tentang pelayanan kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional yang berlaku mulai 1 Jnuari 2014 pada pasal 7 huruf b angka 6 bahwa salah satu persyaratan yang harus di penuhi un tuk dapat melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan adalah memiliki sertifikat akreditasi.

Ada juga peraturan Menteri Kesehatan nomor 34 tahun 2017 tentang akreditasi Rumah Sakit,pada pasal 5 di sebutkan bahwa Rumah Sakit harus melakukan perpanjangan Akreditasi sebelum masa berlaku status akreditasi berakhir.

Sehingga mengingat Rumah Sakit Sumber Hidup masa berlaku status akreditasi sudah berakhir maka Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)Kesehatan memutus kontrak hubungan kerjasama mulai berlaku 15 Juni 2019 dan dapat bekerjasama lagi setelah Rumah Sakit Sumber Hidup sudah memiliki Sertifikat Akreditasi RS.

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi