by

400 Kader Disiapkan Lakukan Pendataan Penduduk

 

AMBON,N25NEWS.COM – Sebanyak 400 kader disiapkan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana untuk melakukan pendataan penduduk tahun 2021.

Kepala DPPKB Kota Ambon Welly Patty menyampaikan, pendataan keluarga secara serentak akan dilakukan pada seluruh Indonesia yang dilaksanakan mulai 1 April hingga 31 Mei 2021.

Menurutnya, kegiatan pendataan penduduk merupakan intruksi dari BKKBN Pusat untuk melakukan pendataan penduduk.

“Untuk mendapatkan data yang baik dan benar, dikota ambon maka BKKBN pusat bersama dengan  BKKBN  provinsi  sudah melakukan pelatihan kepada 178 kader. Untuk tingkat desa dan kelurahan pada 5 kecamatan sebanyak 400 kader telah dilatih, yang mana mereka siap untuk melakukan pendataan,” demikian kata Patty di Ambon, Senin (15/3/2021).

Patty menjelaskan, pendataan penduduk tahun 2021 berbasis online yang menggunakan smartphone.

“Memang teknis pendataan tahun 2021 ini, itu agak berbeda dengan tahun lalu, dimana  semua itu mempergunakan smartphone, jadi tidak pakai formulir lalu jalan data rumah ke rumah. Tapi tetap mereka menggunakan sistem dor to dor atau ke rumahh warga masing-masing,” tuturnya.

Selain itu, ada pun jatah yang diberikan oleh BKKBN pusat sebanyak 8 ribu. Sementara jumlah penduduk kota Ambon sebanyak 74 ribu KK, walaupun begitu semua warga kota Ambon harus tetap terdata.

“Ini kita dapat jatah dari pusat sebanyak 8 ribu, tetapi kita punya penduduk di kota ambon sudah 74 ribu KK, jadi sasaran kita pada 74 ribu KK di Kota Ambon,” tutupnya. (dd)

 

Comment

Direkomendasi